indonesianetizen-malaysia
 Pemerintah Negeri Jiran menyediakan beberapa jenis beasiswa bagi para pelajar internasional, salah satunya melalui skema MALAYSIA INTERNATIONAL SCHOLARSHIP (MIS) yang ditawarkan setiap tahunnya secara Full Scholarship bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S2, S3, serta Postdoktoral pada beberapa universitas di Malaysia.

beasiswa penuh s2 s3 postdoktoral malaysia
Beasiswa Penuh S2, S3, & Postdoktoral oleh Pemerintah Malaysia (MIS)

Beasiswa penuh yang diberikan dalam skema MIS bagi para kandidat yang berhasil lolos seleksi, meliputi cakupan biaya sebagai berikut:
– Biaya kuliah penuh pada Universitas yang terdapat di Malaysia
– Tunjangan hidup per bulan
– Tunjangan buku dan perjalanan lokal
– Asuransi Kesehatan
– Biaya Instalasi
– Tunjangan Penelitian
– Tiket pesawat Indonesia – Malaysia

Terdapat 24 pilihan universitas yang tercakup dalam MIS, sebagai berikut:
1. Universiti Teknologi Malaysia (UTM)
Universiti Teknologi Malaysia (juga dikenal sebagai UTM) merupakan universitas penelitian publik ternama di Malaysia pada bidang teknik, ilmu pengetahuan dan teknologi. UTM telah mendapatkan banyak penghargaan Internasional di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Berdasarkan QS World Ranking, UTM berada pada peringkat 66 dengan score 59.6 di Asia. Untuk informasi mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.utm.my.

2. Universiti Sains Malaysia (USM)
Universiti Sains Malaysia (USM) merupakan salah satu dari tiga universitas di Malaysia yang bertaraf universitas riset sekaligus menjadi universitas terbesar dari segi jumlah pelajar. USM menawarkan program Ilmu Pengetahuan Terapan, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Ilmu Gedung dan Ilmu Teknologi, Ilmu Farmasi, Ilmu Sosial, Humaniora, dan Pendidikan. Berdasarkan QS World Ranking University, USM berada pada peringkat 57 dengan score 64.0 di Asia. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.usm.my.

3. Universiti Putra Malaysia (UPM)
Sejak tahun 1931, Universiti Putra Malaysia (UPM) dikenal sebagai universitas penelitian ternama di Malaysia. UPM telah mematenkan 516 penelitiannya dan menjadi rekor terbanyak dari semua universitas di Malaysia. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.upm.edu.my.

4. Universiti Malaya (UM)
Universitas Malaya (UM) merupakan universitas pertama yang didirikan di Malaysia. Berdasarkan QS World Ranking University, UM berada pada peringkat 167 dengan score 56.9 di dunia dan peringkat 32 dengan score 80.4 di Asia. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.um.edu.my.

5. Universiti Teknologi Mara (UiTM)
UiTM menawarkan lebih dari 500 program akademik dimana semua program yang ditawarkan bertujuan untuk membantu para mahasiswa dalam mencapai tingkat ilmiah tertinggi dan menjadikan mereka ahli serta profesional pada berbagai bidang. UiTM telah mendapatkan akreditasi dari Agensi Kelayakan Malaysia (MQA). Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.uitm.edu.my.

6. Universiti Islam Antarabangsa Malaysia (UIAM/IIUM)
IIUM mempunyai fakultas-fakultas sebagai berikut: Medicine and Healthcare, Science, Laws, Economics and Management Sciences, Architecture and Environmental Design, Information and Communication Technology, Engineering, Islamic Revealed Knowledge and Human Sciences, dan Education. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.iium.edu.my.

7. Universiti Utara Malaysia (UUM)
UUM terletak di Sintok, Kedah, Malaysia dan menawarkan 20 program studi untuk para calon mahasiswanya. Saat ini, UUM telah menambah 5 kampus baru. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: uumkl.uum.edu.my.

8. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) atau secara internasional lebih dikenal dengan nama Nasional University of Malaysia merupakan salah satu universitas ternama di Malaysia. Berdasarkan QS World Ranking University, UKM berada pada peringkat 56 dengan score 65.4 di Asia. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.ukm.my.

9. Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM)
UTHM merupakan universitas negeri yang terletak di Batu Pahat, Johor, Malaysia. Informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.uthm.edu.my.

10. Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTEM)
UTEM merupakan universitas negeri yang terletak di Durian Tunggal, Alor Gajah, Melaka, Malaysia. Informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.utem.edu.my/portal/.

11. Universiti Sains Islam Malaysia (USIM)
USIM merupakan universitas negeri dengan kampus utamanya yang terletak di Nilai, Negeri Sembilan, Malaysia. Informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.usim.edu.my.

12. Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI)
UPSI merupakan universitas pendidikan pertama di Malaysia dan menawarkan 100 program sarjana, pascasarjana, doktoral dan jenjang spesial. UPSI masuk ke dalam daftar universitas terbaik di Malaysia. Universitas ini memiliki beberapa fakultas di antaranya Bahasa, Seni & Musik, Sains & Teknologi, Ilmu Kognitif & Pengembangan Manusia, Teknologi informasi & Komunikasi, Ilmu Olahraga, Bisnis & Ekonomi, dan Ilmu Sosial & Humaniora. Informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.upsi.edu.my.

13. Universiti Malaysia Terengganu (UMT)
UMT merupakan salah satu universitas ternama di Malaysia dengan bidang studi utama yang ditawarkan pada bidang Teknik dan Ilmu Kelautan, Ilmu Terapan, dan Manajemen. Informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.umt.edu.my.

14. Universiti Malaysia Sabah (UMS)
UMS terletak di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia dan mempunyai modul pengajaran serta pembelajaran yang relevan secara nasional dan internasional. Kampus ini juga menawarkan 10 program studi. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.ums.edu.my.

15. Universiti Malaysia Pahang (UMP)
UMP merupakan universitas teknik berbasis riset dan teknologi yang terkemuka di Malaysia. Universitas ini secara khusus menyediakan jurusan-jurusan pada bidang teknik, teknologi, dan sains industri. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.ump.edu.my.

16. Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS)
UNIMAS merupakan universitas bersertifikat ISO yang memiliki keungggulan dalam proses manajemen inti. UNIMAS telah mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi, salah satunya dari HSBC Singapura, International Foundation of Science dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.unimas.my.

17. Universiti Malaysia Perlis (UNIMAP)
UNIMAP terletak di Perlis, Malaysia. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.unimap.edu.my.

18. Universiti Sultan Zainal Abidin (UNISZA)
UNISZA disebut sebagai “universitas yang komprehensif” terbesar di pantai timur Semenanjung Malaysia dan menjadi salah satu lembaga Islam berbasis pendidikan tinggi paling dihormati di Malaysia. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.unisza.edu.my.

19. Universiti Pertahanan Nasional Malaysia (UPNM)
UPNM didirikan pada tahun 1995 dan dibangun dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan status pendidikan anggota angkatan bersenjata. Untuk program pascasarjana, universitas ini mempunyai jurusan Teknik Sipil, Mesin, Listrik & Elektronika, Urusan Internasional & Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Ilmu Komputer, serta Teknologi Pertahanan dan Maritim. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.upnm.edu.my.

20. Universiti Malaysia Kelantan (UMK)
UMK merupakan universitas negeri yang terdapat di Kelantan, Malaysia. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.umk.edu.my.

21. Universiti Teknologi Petronas (UTP)
UTP merupakan universitas swasta yang terletak di Bandar Seri Iskandar, Tronoh, Malaysia. Kampus ini memiliki 3 fakultas yaitu Fakultas Teknik, Teknik Geosains dan Petroleum, serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dilengkapi dengan satu departemen, yaitu Departemen Manajemen dan Sastra. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.utp.edu.my.

22. Universiti Tenaga Nasional (UNITEN)
UNITEN merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Malaysia yang dimiliki oleh Tenaga Nasional Berhad. UTN mempunyai 4 fakultas yaitu Fakultas Teknik, Teknologi Informasi, Bisnis dan Administrasi serta Fakultas Pascasarjana. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.uniten.edu.my.

23. Multimedia University (MMU)
MMU merupakan universitas pertama di Asia yang memberikan progam spesifik di bidang multimedia dan informatika. Universitas ini memiliki dua kampus yaitu di Cyber Jaya dan di Malaka. Untuk kampus di Cyber Jaya, terdapat beberapa program studi yang ditawarkan seperti Faculty Engineering, Computing and Informatics, Management, Graduate School of Management, dan Creative Multimedia. Untuk kampus yang berada di Malaka, program studi yang ditawarkan yaitu Engineering and Technology, Information Science and Technology, Business dan Laws. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.mmu.edu.my.

24. International Centre For Education In Islamic Finance (INCEIF)
INCEIF didirikan oleh Bank Negara Malaysia (Bank Sentral Malaysia) untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam industri keuangan Islam global. INCEIF merupakan satu-satunya universitas di dunia yang didedikasikan untuk keuangan Islam. Untuk informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan dapat anda lihat pada link berikut: www.inceif.org.

beasiswa kuliah penuh s2 s3 postdoktoral malaysia
Kuliah di Negeri Jiran dengan Malaysia International Scholarship (MIS)

Bidang studi prioritas yang tercakup ke dalam beasiswa MIS adalah:

– Sains dan Teknik
– Pertanian dan Perikanan
– Ekonomi dan Keuangan Islam
– Teknologi Informasi dan Komunikasi
– Bioteknologi
– Biosekuritas dan Keamanan Pangan
– Infrastruktur dan Utilitas
– Studi Lingkungan
– Kesehatan (tidak termasuk Kedokteran, Keperawatan, dan Farmasi Klinik)
Para pelamar dapat memilih program-program studi yang ditawarkan oleh 24 universitas di atas yang terkait dengan bidang studi cakupan MIS tersebut.

Persyaratan untuk mengikuti beasiswa pascasarjana dan postdoktoral dari Pemerintah Malaysia adalah sebagai berikut:

1. Untuk pelamar S2 dan S3 berusia tidak lebih dari 40 tahun, dan untuk pelamar postdoktoral berusia tidak lebih dari 45 tahun.

2. Memiliki IPK minimal 3.5 (skala 4.00) bagi pelamar S2 dan minimal 3.5 (skala 4.00) atau hasil yang sangat baik pada level gelar Master untuk pelamar S3. Untuk pelamar program postdoktoral, seleksi akan dinilai berdasarkan jurnal, jumlah buku yang dihasilkan, portofolio, serta hak paten. Pelamar postdoktoral harus mempunyai reputasi yang sangat baik dalam penelitian dan mempunyai pengetahuan terkait dengan penelitian yang akan dilakukan.

3. Telah menjalani Test Kecakapan Bahasa Inggris tidak lebih dari 2 tahun terakhir, dengan skor minimal IELTS 6.5/TOEFL pBT 580/cBT 230/iBT 92.

4. Memiliki kondisi kesehatan yang baik dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter bersertifikat/medis profesional. Untuk biaya pemeriksaan kesehatan ditanggung masing-masing oleh pelamar.

5. Menulis sebuah proposal yang memiliki kaitan dengan bidang studi yang akan diambil.

6. Telah mengajukan permohonan dan diterima masuk pada program pascasarjana atau postdoktoral di Malaysia (dibuktikan dengan Letter of Offer Conditional atau bukti konfirmasi penerimaan/afiliasi dengan universitas di Malaysia).

Kriteria Seleksi dalam penerimaan beasiswa S2, S3, dan Postdoktoral dari MIS adalah sebagai berikut:

1. Capaian prestasi akademik
2. Kualitas proposal penelitian dan kontribusi potensial pada kemajuan teknologi dan kesejahteraan manusia
3. Kemampuan komunikasi, menulis dan membaca dalam bahasa Inggris secara baik

Untuk pendaftaran, anda dapat mengajukan permohonan aplikasi beasiswa secara online dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Daftarkan nomor KTP atau passpor, alamat email, serta password pada laman resmi: biasiswa.moe.gov.my.
2. LOG IN ke Formulir Aplikasi Online dan isi seluruh data yang diminta
3. Pastikan seluruh informasi dan data yang anda masukkan benar, kemudian cetak (print out) Formulir Aplikasi tersebut
4. Lampirkan hasil cetak Formulir Aplikasi tersebut bersama dengan dokumen-dokumen berikut:
– Pas foto ukuran paspor terbaru
– Curriculum Vitae
– Copy transkrip akademik, testimonial, dan/atau referensi yang berkaitan dengan studi, kegiatan co-curriculum, atau prestasi. (dilegalisir)
– Copy TOEFL/IELTS yang telah disahkan
– Copy paspor yang telah disahkan
– Proposal riset
– Surat penerimaan (admission letter) dari salah satu Universitas yang terdapat di Malaysia
– Laporan pemeriksaan kesehatan lengkap
– Formulir tunjangan penelitian
– Formulir aplikasi pengembalian
– Konfirmasi penyelesaian studi
– Dua surat rekomendasi dari dua (2) orang untuk mendukung aplikasi beasiswa Anda
– Formulir pengesahan
Seluruh formulir yang dibutuhkan dapat anda download pada link berikut: Download Form.
5. Setelah melengkapi seluruh dokumen yang disebutkan di atas, bawalah seluruh berkas dokumen tersebut kepada pihak Kementerian Luar Negeri atau instansi terkait yang bertanggung jawab guna mendapatkan pengesahan.
Kementerian Luar Negeri
Jl. Taman Pejambon No. 6
Jakarta Pusat 10110
Telp: 021-344 1508
Fax: 021-380 5516. Setelah mendapatkan pengesahan, scan seluruh dokumen di atas dan dibuat dengan format PDF. Kemudian login kembali pada Aplikasi Online MIS dan lampirkan seluruh dokumen yang telah discan tadi. Formulir aplikasi dan dokumen asli lainnya dapat anda bawa pada saat sesi wawancara.

Pendaftaran beasiswa MIS dibuka setiap bulan Januari s/d Maret per tahunnya
. Namun anda dapat mempersiapkan segala kelengkapan dokumen mulai sekarang termasuk mengajukan pendaftaran menjadi mahasiswa pada salah satu universitas di Malaysia yang anda tuju.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa luar negeri dari MIS dapat anda tanyakan melalui alamat email: bb.international@moe.gov.my atau nomer telp. : +603 8870 6000 ext 6368 / 6337 / 5409. Anda juga dapat mendatangi langsung kantor beasiswa MIS di]
Scholarship Division
Ministry of Higher Education Malaysia
Level 2, No 2, Tower 2
Jalan P5/6, Precint 5
Federal Government Administrative Centre
62200 Putrajaya

source : indbeasiswa

Post by Deba Lauda

Related post

indonesianetizen-paris Europe Master Scholarship

International Master’s Scholarship Program at University of Paris-Saclay

indonesia netizen Doctor Master PhD

Master/PhD Scholarships from Development-Related Postgraduate Courses (EPOS), DAAD, Germany

Comment(0)

Leave a Comment