SWDBDG (dahulu sempat dinamakan Star Wars day Bandung) adalah suatu pameran tematic (convention), yang mengangkat segala hal yang berhubungan dengan film bergenre space fantasy, yang diantaranya adalah film-film Star Wars. SWDBDG merupakan gerakan independent yang digagas oleh para fanboy Bandung, dan tidak terafiliasi dengan lucasfilm atau disney yang memiliki hak cipta atas brand star wars.

 

Pertama kali diadakan pada tahun 2012 di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, tepatnya pada tanggal 12 Juni 2012. Lebih dari 1200 fanboy memadati venue SWDBDG 2012. Para fanboy tidak hanya dari Bandung saja, tetapi juga dari Jakarta dan kota lainnya yang sengaja datang ke SWDBDG 2012.

 

Di tahun 2016, SWDBDG kembali diadakan dengan format dan konsep yang lebih matang, tepatnya pada tanggal 23-24 Juli 2016 di Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK), Jl. Naripan no. 7-9, Braga, Bandung. Keistimewaan SWDBDG, fokus tidak terletak pada toys exhibition atau toys fair saja, tetapi pada Art Project. Lebih dari 50 artist Indonesia dan mancanegara yang terlibat di SWDBDG 2016 yang terbagi menjadi beberapa art project. Berikut adalah project-project yang ada di SWDBDG 2016

 

Art Project Exhibition

para artist diundang untuk membuat karya dengan tema, “Apa sih Star Wars menurut kamu?”. Lebih dari 30 karya yang dipamerkan di Art Project Exhibition dalam berbagai media.

 

SWDBDG Wall

Para artist Bandung akan Live mural pada tanggal 23 Juli 2016 di SWDBDG 2016. Tidak hanya itu, para fanboy yang hadir pun dapat ikut berpartisipasi dalam pembuatan SWDBDG Wall ini di Wheat Paste Project.

 

Jouwe Custom Show

SWDBDG bekerja sama dengan My Tummy Toys dan mengundang 10 orang artist untuk meng-custom vinyl toys buatan mereka Jouwe.

 

Toysportal

Merupakan sebuah komunitas toys photography yang akan memamerkan karya2 toys photography mereka

 

Death To The Republic II Exhibition

SWDBDG bekerja sama dengan World’s End untuk membuat art exhibition Death To The Republic II dengan mengundang artist dari mancanegara untuk ikut berpartisipasi.

 

Sinar Saber Tournament

Komunitas-komunitas lightsaber yang ada Indonesia diundang untuk ikut berpartisipasi di Sinar Saber Tournament SWDBDG 2016. Ada 2 kelas yang dapat diikuti oleh peserta kompetisi, yaitu Spinning Competition dan Battle Choreo Competition. Kompetisi ini tidak terbuka untuk umum, karena lebih berbahaya daripada kelihatannya. Urban Jedi dan Jaksaber ikut berpartisipasi di Sinar Saber Tournament SWDBDG 2016.

 

SWDBDG Market

Tidak lengkap rasanya jika sebuah toys exhibition tidak memiliki toys market. Karena inilah yang dicari oleh para fanboy, bisa untuk menambah dan melengkapi koleksi mainan mereka atau pun hanya untuk memuaskan kegemaran mereka terhadap mainan.

 

Lowcost Cosplay Contest

Cosplay dengan berbagai macam karakter yang sesuai dan mirip dengan aslinya memang sudah biasa. Tetapi SWDBDG mengajak para fanboy untuk membuat lowcost cosplay dengan tema intergalaktik hanya menggunakan barang-barang yang ada di rumah atau dengan barang yang bisa didapatkan dimana saja.

 

Wahana

SWDBDG 2016 juga mengajak para fanboy untuk mengekspesikan kegemaran mereka dengan cara yang lain, yaitu dengan membuat wahana-wahana seperti di pasar malam, antara lain Tahu Bulat Kegelapan, Teleskop Ruang dan Waktu, dan juga Jebakan Neraka Bintang Maut.

 

Dan hanya di SWDBDG 2016 para fanboy Bandung atau pun kota lainnya dapat berkumpul bersama dengan fanboy lainnya, karena SWDBDG adalah Hari Besarnya Fanboy Bandung!

 

Nama event    : SWDBDG

Tanggal           : 23 – 24 Juli 2016

Venue              : Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK)

Jl. Naripan No. 7-9, Braga, Bandung

 

Contact Person

Aldo (0811221667)

Ratna (085722111482)

Email                           : swdbdg2016@gmail.com

 

 

Social Media

Facebook page           : www.facebook.com/swdbandung

Twitter                         : @SWDBDG

Instagram                    : @swdbdg

Related post

indonesianetizen-ipb Event

IYSCA 2016

indonesianetizen-sbmitb Event Netizen

Oddisey 2016

Comment(0)

Leave a Comment