Bagaimanakah ekosistem software development yang ideal menurut anda semua? Kami menanyakan pertanyaan ini kepada rekan-rekan kerja di sekitar kami dan menariknya banyak dari rekan-rekan kami yang tidak dapat menjawab pertanyaan sederhana ini. Mungkin ketika apa yang kita alami sehari-hari kita anggap normal, perspektif kita tidak dapat melihat apa yang dinamakan ideal.

Bagi kami dalam software development terdapat 3 kelompok orang yang harus diberikan coaching agar ekosistem software development menjadi ideal, yakni: customer, manajemen dan software developer.

Pertemuan kami anggota panitia Scrum Day Bandung 2017 di sebuah bilangan kafe di kawasan Bandung sekitar pertengahan September 2016 bisa dikatakan didorong oleh keinginan yang sama, mengembangkan ekosistem software development yang ideal di Bandung karena kami semua cinta Bandung. Awalnya kami bertemu secara rutin setiap 2-minggu sekali untuk berbagi pengalaman dalam menggunakan Scrum. Lalu kami melihat sesuatu yang lebih besar lagi dan ingin membawa dampak yang lebih besar untuk Bandung (dan semoga kami juga dapat membawa dampak untuk Indonesia). Dari obrolan di pertemuan rutin kami itulah tercetus ide untuk mengadakan sebuah Scrum Day conference yang bertemakan Professionalism in Software Development.

Bagi kami ekosistem software development yang ideal adalah ekosistem dimana:

  • Software Developer dapat menjadi profesional yang melakukan hal yang benar dan mengembangkan software berkualitas tinggi tanpa rasa intimidasi;
  • Klien yang menyanjung tinggi profesionalisme dalam software development dan menyadari kalau software development membutuhkan kreatifitas, pembelajaran dan inovasi;
  • Dan manajemen yang memimpin dengan melayani agar software developer dapat mencapai kebutuhan hidup yang tertinggi yakni menjadi versi dirinya yang terbaik.

Scrum Day Bandung 2017 akan menjadi langkah kecil berikutnya bagi kami semakin mendekati impian kami untuk melihat ekosistem software development yang ideal di Bandung. Pertemuan kami dimulai dari dorongan yang sama terhadap sebuah perubahan. Kami berharap anda mau bergabung bersama kami menghadiri Scrum Day Bandung 2017 dan bertemu dengan orang-orang yang memiliki impian yang sama terhadap ekosistem software development di Bandung pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Segenap panitia Scrum Day Bandung 2017 akan bekerja keras untuk memastikan semua peserta bukan hanya pulang dengan informasi atau pengetahuan tetapi setiap peserta akan terinspirasi untuk membuat perubahan di lingkungan kerja masing-masing. Karena kami yakin pada akhirnya kita semua yang akan merasakan dampak dari ekosistem software development yang ideal tersebut. Jangan lewatkan kesempatan berharga ini. Kami siap melayani anda di Scrum Day Bandung 2017.

Filipus Septian

Product Owner Scrum Day Bandung 2017

Sumber : Scrum Day Bandung

Comment(0)

Leave a Comment