indonesia netizen

Kaskus bersama rumah produksi 700 Pictures siap menghadirkan film berjudul Sundul Gan: The Story of Kaskus.

Film perdana karya wanita sutradara Naya Anindita ini menceritakan kisah perjalanan Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata dalam mendirikan Kaskus dari awal hingga menjadi salah satu situs terbesar di Indonesia saat ini.

Melalui film ini, Naya, Andrew, dan Ken berharap dapat memunculkan inspirasi bagi kalangan anak muda, khususnya para pendiri perusahaan rintisan (startup).

“Kisah mereka (Andrew dan Ken) sangat menginspirasi. Anak muda zaman sekarang membutuhkan tokoh legenda hidup seperti Mimin (nama panggilan untuk Andrew Darwis yang diberikan para pengguna Kaskus, red.) dan Ken sebagai inspirasi untuk mewujudkan mimpi mereka,” ujar Naya ketika menghadiri konferensi pers film ini di Menara Palma, Kuningan, Jakarta (28/4/2016).

“Mudah-mudahan penonton terinspirasi kalau kita tuh bisa menikmati proses untuk mencapai apa yang kita inginkan, bukan hanya terpaku dengan tujuan. Everything is about process,” jelas Naya.

“Saat ini startup lagi banyak banget. Kami ingin menekankan kalau bikin startup itu nggakgampang,” tambah Andrew. “Kami ingin memberitahu penonton, masalah apa yang akan muncul, lalu bagaimana tips dan trik untuk menghadapinya.”

“Yang paling ditekankan dalam film ini adalah kami berdua pun nggak selalu tahu apa yang harus kami lakukan, biarkan berjalan aja,” timpal Ken.

Sundul Gan akan menggunakan sudut pandang persahabatan Ken dan Andrew, dengan latar belakang didirikannya Kaskus oleh mereka, hingga akhirnya komunitas internet terbesar di Indonesia ini memiliki kantor sendiri di Jakarta pada 2008.

Andrew Darwis akan diperankan oleh Albert Halim (29 tahun). Sebelumnya ia bermain dalam film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita (2010), peran yang mengantarkannya menjadi nomine Aktor Pendatang Baru Terbaik dalam acara Indonesia Movie Award 2011.

Sementara Ken Dean Lawadinata diperankan Dion Wiyoko (30 tahun). Sebelumnya ia beradu akting dengan Marsha Timothy, Ben Joshua, dan Indra Herlambang lewat filmKhalifah (2011).

Baik Albert maupun Dion mengaku merasa terhormat memerankan Mimin dan Ken Dean.

Gue terinspirasi Ken, dia masih sangat muda namun sukses dengan impiannya sendiri,” ujar Dion. Saking terinspirasinya, aktor Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014) ini bahkan sampai membuka usaha restoran di daerah Gading Serpong, Tangerang Selatan.

Memerankan Ken, yang memiliki perawakan agak gemuk, juga merupakan tantangan bagi Dion. “Dalam satu bulan berat gue bertambah 10 kg.”

Dion dan Albert juga bertemu Andrew dan Ken untuk mempelajari tindak-tanduk dan gerak-gerik kedua pionir perusahaan rintisan di Indonesia itu.

“Gue sampai mewawancara dan merekam dia (Andrew). Gue putar terus rekamannya setiap hari,” ujar Albert Halim.

Bagi Albert, memerankan Sang Mimin adalah tugas berat. “Ini film biopik pertama gue, terlebih tokoh aslinya masih hidup. Andrew juga seperti didewakan oleh Kaskuser (pengguna Kaskus, red.). Ini jadi tantangan bagi gue untuk merepresentasikan Mimin untuk mereka.”

Sundul Gan: The Story of Kaskus akan tayang di bioskop seluruh Indonesia pada 2 Juni 2016.

Sumber : https://beritagar.id/artikel/seni-hiburan/sundul-gan-kisah-inspiratif-para-pendiri-kaskus

Related post

Comment(0)

Leave a Comment